Thursday, May 30, 2013

The Last Take Home Final Examination

Buat Ka BonaBona dan Temen-temen yang entah kenapa belum masuk ke Grup KPI 4C

---

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata kuliah : TEORI KPI
Jurusan/Smt : KPI/4/C
Dosen : Uwes Fatoni, M.Ag

KETENTUAN :
a. Diketik dalam kertas A4 margin 2, huruf Times New Roman, font 12, spasi 1
b. Gunakan cara pengutipan yang benar dan HINDARI Plagiarisme.
c. Tugas dikirimkan melalui moodle, maksimal pengiriman hari Senin 3 Juni 2013 jam 9 malam. Absensi kehadiran UAS di Kosma.

1. Dalam Teori Agenda Setting terdapat 3 bentuk agenda yaitu : Agenda media, Agenda Publik dan Agenda Kebijakan. Menggunakan tiga kerangka tersebut coba anda analisis agenda setting Media detik.com berkaitan dengan kasus Partai Islam PKS. (2 halaman)

Detik.com Mahfud MD: Kalau Ditangkap KPK, Ngaku Saja
http://news.detik.com/read/2013/05/13/110301/2243937/10/mahfud-md-kalau-ditangkap-kpk-ngaku-saja
infoislami.com : Demi Bela KPK, Detik.com Bohongi Publik
http://infoislami.com/demi-bela-kpk-detik-com-bohongi-publik/
Asatunews.com : Tentang Pemberitaan PKS : TM2000 Kritik Keras Detik.com
http://www.asatunews.com/berita-1869-tentang-pemberitaan-pks--tm2000-kritik-keras-detikcom.html
Detik.com Nasihat Didin Hafidhuddin untuk Hilmi, Jangan Jadikan PKS Seperti Mafia
http://forum.detik.com/nasihat-didin-hafidhuddin-untuk-hilmi-jangan-jadikan-pks-seperti-mafia-t638592.html
bersamadakwah.com : Diprotes Didin Hafidhuddin, Detik.com Ralat Berita "Hilmi Jangan Jadikan PKS Seperti Mafia"
http://www.bersamadakwah.com/2013/02/diprotes-didin-hafidhuddin-detikcom.html

2. Analisis isi dari Harold D Lasswell digunakan untuk meneliti isi informasi media massa dengan mencatat lambang atau pesan secara sistematis, kemudian diberi interpretasi. Anda analisis isi berita Headline (berita utama) dari 3 media online Islam di bawah ini berdasarkan cakupan berita Keislaman tingkat Nasional dan Internasional. Buat Tabel persentase dari masing-masing media dengan pengelompokan beritanya dan analisis hasilnya. (cantumkan tanggal anda mengakses). (2 halaman)

http://www.eramuslim.com/
http://www.arrahmah.com/
http://www.republika.co.id/
http://islampos.com/
http://www.suaramedia.com/
http://www.voa-islam.com/
http://www.hidayatullah.com/

3. Analisis Wacana dari Van Leeuwen digunakan untuk meneliti proses pemarginalan seseorang atau kelompok dalam suatu wacana dengan. Analisis ini menerapkan proses pengeluaran (exclusion), dan (b) proses pemasukan (inclusion) Coba anda analisis berita tentang penyerangan Jemaat Ahmadiyah di Tasikmalaya (5/5) dari Republika dan Kompas berikut ini. Berikan pandangan anda sendiri perbedaan wacana dari kedua berita tersebut. (2 halaman)

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/05/05/mmbjq4-masjid-ahmadiyah-di-tasikmalaya-dibakar-massa-tak-dikenal
http://regional.kompas.com/read/2013/05/05/09443165/Masjid.dan.Rumah.Warga.Ahmadiyah.di.Tasik.Diserang.

4. Analisis Framing digunakan untuk membaca realitas yang di konstruksi oleh media massa. Salah satu analisis framing yang banyak digunakan adalah dari Robert Entman yang menerapkan 4 tahapan analisis yaitu: identifikasi masalah (problem indentication) identifikasi penyebab masalah (causal interpretation) evaluasi moral (moral evaluation)dan saran penanggulangan masalah (treatment recommendation). Analisis tulisan berikut arrahmah.com berjudul “Zionisme Yahudi pada ajang acara pencarian bakat”. Gunakan analisis Framing Entman. Bagaimana opini anda sendiri terhadap tulisan tersebut, apakah Anda setuju atau tidak, berikan alasannya! (2 halaman)

http://www.arrahmah.com/news/2013/05/26/zionisme-yahudi-pada-ajang-acara-pencarian-bakat.html

5. Teori Uses and Gratifications dikemukakan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz dalam melihat media massa berdasarkan pendekatan konsumen. Menurut teori ini, konsumen media mempunyai kebebasan untuk memutuskan bagaimana menggunakan media dan bagaimana media itu akan berdampak pada diri mereka.
Facebook dan Twitter di Indonesia saat ini banyak dimanfaatkan sebagai media Dakwah, Bagaimana pandangan Anda, adakah kelebihan dan kekuarangan dari kedua media tersebut? berikan contoh masing-masing 2 akun facebook dan twitter mubaligh dan analisis menggunakan teori uses and gratifications (Contoh dari presentasi kelompok 4 tidak boleh lagi digunakan) (2 halaman).