Monday, December 17, 2012

#1stDay UAS


Hari ini UAS pertama. Mata kuliah yang diujikan cuma 2: Bahasa Arab dan PMDI. Cukup menantang bagi saya yang gak berbasis kuat di bidang keislaman.
Fyuuuuuuuuuuuuh..

UAS Bahasa Arab dimulai jam 10.30, tepat. Pengawasnya dosen Etika Dakwah saya, namanya Hajir. Orangnya baik, ramah juga, meski agak slow kalo lagi ngajar. Hehe. (big Piece of Peace, Pak). Nah, sebelum bicara UASnya, saya bicarain Pak Hajir dulu ya. Tapi ini bukan ghibah. Tolong dicatat, tolong.

Nah, Pak Hajir, waktu ngasih absen kehadiran UAS, nampak memandang saya dan kartu ujian saya agak lama, terus beliau bilang,
“Tu, kamu bukannya semester 5? Bahasa Arabnya gak lulus atau dulu ga ngambil?”
Suaranya Pak Hajir memang pelan, tapi kondisi kelas yang hening bikin beberapa teman menengok aneh kearah saya.
“Saya mah semester 3, Pak. Yang Etika Dakwah mah ngambil ke atas,” mendengar jawaban saya, beberapa teman yang menengok kembali asyik dengan lembar jawabannya. Pak Hajirnya malah unggeuk-unggeuk aja.

Muka aku pas Pa Hajir bilang aku anak semeter 5
Ini nih, soal ini, saya jadi agak sedih. Masa si Bapak baru ngeh saya semester 3? Saya jadi mikir kalo muka saya muka tua atau muka mahasiswa semester 5 yang sudah agak jenuh dengan rutinitas kuliah.
Ieuuhh..

Kembali ke Bahasa Arab, ada 4 soal tertera disana, semuanya pake Arab Gundul, ga ada syakalnya satupun, ini bikin saya hampir nangis. Jangan begini, Tuhaaannnn...
Untungnya saya mengenal beberapa kata, jadi ketangkeplah garis besarnya.
Nomor 1, ada 1 paragraf gyang harus diberi syakal dan diterjemahkan.
Nomor 2, disuruh bikin 10 kalimat sesuai syarat yang ditentukan pake Khabar Ina sama Khabar Kana.
Nomor 3, disuruh nge-Irab alias menjabarkan seluruh kalimat di nomor 2.
Nomor 4, disuruh bikin 20 kalimat yang terdiri dari jumlah ismiyah sama jumlah fi'liyah.

Iya, saya tau. Pasti gampang banget kan mikirnya? Ini soalnya emang gampang kalo udah diterjemahin, tapi kalo dalam bahasa arab, yang saya ngerti cuma suruhan 1,2 dan 4 aja karena ada kata yang familiar di soalnya. Lagian saya kan bukan anak pesantren, tolong jangan berharap banyak kalo saya pinter bahasa arab, tolong...

Akhirnya nomor 1 saya kerjakan, tentu saja syakal dan artinya semau saya. Hahaha. Yang penting ngerjain. Begitu prinsipnya. Begitu pula, nomor 2 dan 4, saya kerjakan, semaunya, seenaknya.

Setelah beres, waktu masih 15menitan lagi. Saya memandangi nomor 3 yang masih kosong, memandangi langit-langit kelas yang suram dan memandangi tangan saya sendiri yang saya komandoi menulis sesuatu; soal!
Saya menulis ulang soal nomor 3 karena blank gak ngeri apa artinya.Lalu saya memilih keluar, ketimbang duduk di kelas.Waktu saya berdiri, Pak Hajir tersenyum ke arah saya, saya yang menjadi orang ketiga tercepat yeng beres mengerjakan ujian Arab dengan semena-mena, seenak perutnya.
Pak Hajir sempat memperhatikan lembar jawaban saya, samil tersenyum dia bilang; "Wah.. Ini kan cuma bikin kalimat,"dan saya menyahut denga seyum alah tingkah: "Wah, Pak. jangan dilihat. Malu saya kelihatan bodohnya,"

Skip Bahasa Arab yang menggalaukan itu, lari ke PMDI, saya agak gemes sama Pak Dosen yang ngawas (saya gatau namanya beliau). Abisan Bapaknya minta buru-buru terus. masa 3 menit sekali dia bilang, "Yak! ayo kumpulkan." Saya kan jadi kaget ._.

Terus ceritanya saya udah agak drop sama Bahasa Arab, kepala saya jadi berat, akhirnya saya narik bangku kosong dan nulis dengan kepala yang nempel ke bangku. Aduh, susahlah menjabarkannya. Pokoknya posisi itu keliatan anak yang males banget ujian. Hahaha. Da emang.

Terus Bapaknya nyeletuk; "Neng berat, Neng, kepalanya? Berapa kilo?"
Saya cuma cengengesan, ngangkat kepala bentar dan nyenderin kepala lagi. Biarin ah. Daripada pusing kepalanya.

Gak lama kemudian, Bapak pengawas meriksa kartu ujian buat ditandatangani. Dari belakang saya, Bapak Pengawas itu nanya "Ini ratu mana, Ratu?" semacam ngabsen gitu. Anak lain juga dianggil gitu. Terusan pas saya denger Bapaknya manggil, saya jawab tanpa noleh ke belakang karena soal masih banyak yang belum keisi: "Ini, Pak, ini yang kepalanya berat."
Si Bapak ketawa kecil, tapi Mbak Rifa melototin saya sambil cekikikan juga. Mungkin kalo diverbalisasi, jadinya "Ahaha. ga sopan, Ratu!"

Ya begitulah ya, hari ujian pertama saya. Semoga kedepannya lebih bak.
Doain tugas Dasar2 Siaran Radio dan TV saya cepet kelar dong, fellows. ;)

Happy browsing and networking!

No comments: