Saturday, November 10, 2012

Kelas Menulis Pak Budhiyana

Jadi hari ini ada kelas menulisnya Pak Budhiyana di Museum Asia Afrika, soal Jurnalisme Damai. Keren banget meski saya telat datang. Pak Budhiyana hari ini kelihatan lebih santai; kaos biru laut, jeans, zipper coklat sama sepatu coklat yang santai juga. Terakhir saya ketemu dia, dia lagi pake stelan gitu. Haha :)
Kelihatan lucu sih, sedikit. Soalnya keseringan liat dia pake rompi yang banyak sakunya. Rompi khas wartawan gitu.

Pak Budhiyana gak cuma ngasih pemikiran-pemikirannya Lynch, Goldrick sama Om Johan Galtung di kelasnya, tapi juga berbagi cerita trauma wartawan yang dikirim jadi Peace Journalist dan War Journalist. Tapi sebelum ngobrolin trauma, bahas dikit dulu soal Peace Journalist atau War Journalist ya. :))

Ada perbedaan kental antara Peace Journalist dan War Journalist. Om Johan Galtung yang mencetuskan hal ini. 

Mulai dari, Peace Journalist ya. Peace Journalist kurang lebih wartawan yang meliput dari sisi kemanusiaan dalam perang atau konflik. Orientasi mereka adalah kebenaran, orang-orang segala strata dan solusi setelah perang. Sifatnya humanis dan proaktif. Wartawannya harus punya kepekaan dan rasa empati yang tinggi biar segala sesuatu yang tersirat dari situasi juga kondisi dapat ditangkap dengan baik.
Naaah.. Berbeda sama War Journalist yang sifatnya dehumanization. War Journalist ini meliput kekerasan atau perang itu sendiri. Orientasi mereka juga lebih ke propaganda, kaum elit perang dan kemenangan yang terjadi di akhir perang.
Gitulah ya, kira-kira pemikirannya Om Johan Galtung yang diterangin Pak Bud.

Balik ke cerita trauma, Pak Bud ini juga pernah trauma waktu liputan jadi Peace Journalist. Jadi ceritanya saat itu Pak Bud lagi ada di rumah sakit kawasan perang. Nama Rumah sakit itu Al-Adawiyyah. Salah satu dokter di Al-Adawiyah saat itu Pak Bud dapati sedang duduk menutup wajahnya di pojok ruangan. Belakangan diketahui kalo dokter itu merasa sangat bersalah karena gak bisa menyelamatkan bayi-bayi yang mengidap ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) Dokter itu melihat jelas bayi-bayi disana satu-satu berhenti menangis dan menutup matanya. Bayi-bayi itu meninggal dan dokter itu gak bisa apa-apa.
Katanya Pak Bud, sampe sekarang, kalo sesuatu membangkitkan ingatannya, Pak Bud juga masih bisa membayangkan deretan bayi-bayi itu dengan jelas. Bahkan sampai suara tangisnya.

Pak Bud juga cerita tentang rekannya pas bencana Tsunami di Aceh. Kalo gak salah namanya Arif. Anggap Arif ajalah ya. Hehe.
Jadi Om Arif ini wartawan yang sampe duluan ke Aceh saat tsunami pertama terjadi. Sebenernya dia berdua sih, sama wartawan media lain, tapi gak penting jugalah. Hehe. Pokoknya Om Arif dateng kesana saat tim evakuasi dkk belum dateng alias masih OTW.

Yang bikin Om Arif bergidig saat itu adalah kondisi korban yang pertama ditemuinya. Korban itu tertimpa beton berat yang besar, hanya kakinya yang terlihat bergerak lemah berusaha mebebaskan diri. Om Arif nyoba buat ngangkat beton itu tapi sia-sia. Seiring melemahnya tangisan sama jerit sakit korban, gerakan kaki korban melemah, lalu sama sekali berhenti. Jerit tangisnya juga berhenti. Akhirnya Om Arif sadar, korban itu sudah meninggal.
Ada lagi korban yang bikin Om Arif susah tidur. Kali ini kepala korban tertembus besi tipis dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan sama aja. Korban terus-terus mohon-mohon sama Om Arif buat bantu dia narik besi itu keluar. Om Arif gak tega saat itu dan cuma bisa bantu ngasih minum. Akhirnya, korban meninggal juga di depan Om Arif. Memang rasanya konyol karena cuma ngasih minum, tapi kalo saya ada di posisi Om Arif,  rasanya saya juga cuma bisa melakukan hal yang sama.

Trauma semacam melihat korban ini jadi hal yang cukup pelik. Maksud saya, siapa sih yang bisa mengontrol apa yang harus diingat dan dilupakan? Bukan hal yang gampang menghilangkan ingatan buruk, traumatis dan ngeri kayak gitu. Karena trauma ini dialami juga Pak Bud sebagai Pemrednya Pikiran Rakyat, Pak Bud bikin kebijakan yang bener-bener bijak; di Pikiran Rakyat, kalo udah liputan jadi Peace Journalist atau War Journalist dapet cuti 3 bulan buat konsul sama psikolog. Worth enough ya.

Dipikir-pikir jadi Peace Jounalist atau War Journalist itu asyik tapi serem juga sih -_______-
Segitulah ya kira-kira cerita soal kelas menulisnya. Tiba-tiba ngerasa sayang gak sempet ambil fotonya Pak Bud karena keasyikan dengerin.
Apa lagi pas acara itu ketemu sama Tante Febri, yang dulu saya kenal di organisasi pelajar gitu. Hehe. Dasar perempuan. Ketemu temen yang udah lama gak ketemuuuu aja riweuh minta ampun.
:))

No comments: