Thursday, February 16, 2012

Apologi dan Cerita Tentang PRD

Hallo, fellows! :D 

Sore yang asyik setelah melewati siang yang panas. Beberapa menit yang lalu saya ada di balkon, sama se-mug penuh teh pahit hangat, duduk di kursi bambu yang warnanya udah ga cantik lagi diserap cuaca dan membayangkan dia--si canubi`ʃƪ)  tentang kenapa dia mirip bala-bala, kenapa dia bisa tau hampir segala hal yang saya ingin tau, tentang kenapa dia selalu punya kejutan aneh-aneh yang menyenangkan, tentang kenapa bisa ada bunga matahari di kedua matanya, ya.. Begitulah. Canubi ga pernah berhenti jadi pertanyaan sengit selama ini.
Jadi aja bicarain canubi teruus >,< Ah!

By the way, fellows, siang tadi, saya membunuh waktu di PRD. FYI, PRD itu ruang perpustakaan referensi dosen. Berdasarkan namanya, ruangan perpustakaan ini memang dibikin untuk referensi dosen. Dengan kata lain, mahasiswa ya ga berhak ada di sana.
Tapi nyatanya banyak mahasiswa yang nyari tugas disana. Mulanya, untuk saya, adanya mahasiswa di PRD itu rada kontroversial juga mengingat nilai guna dari itu perpus yang diperuntukan untuk dosen. Lucunya, pengurus
perpustakaan PRD ga ada yang negur atau apaaa gitu. Malahan mereka nasehatin kami, yang datang, buat isi absen. Pengurus-yang-entah-siapa-namanya juga bilang, kalo nanti ada semacam award gitu buat mahasiswa yang rajin ke PRD. Nah lho?

Ini membuat saya bertanya-tanya. Ini kan PRD, kenapa mahasiswa yang banyak kesini dapat award? Bukannya harusnya dosen?
Tapi, pribadi saya sih ga menyalahkan pengurus untuk hal ini, bahkan untuk hal award mahasiswa atau apalah, kalau itu-si award-benar-benar ada. Yang saya ingin tau, adalah kenapa pengurus tidak melarang kami--bahkan memberikan award ketika kami masuk ke PRD, sekali lagi, kalau itu-si award-benar-benar ada? Apa memang dosen susah masuk ke sana, sehingga pengurus mendorong mahasiswa saja?
Entahlah.

Terlepas dari itu, siang ini, selepas kuliah, saya, teteh Rifa sama Saufi memutuskan untuk ke PRD buat iseng aja, baca buku atau cari referensi tugas di sana. Waktu kami masuk, PRD seperti biasanya lenggang, cuma ada beberapa mahasiswa yang asyik ngetik yang ada di buku ke laptopnya masing-masing atau buka-buka buku di depan rak.
Sesudah bawa beberapa buku yang kepingin saya baca, saya duduk di salah satu kursi yang disediakan di sana. Kurang dari 4 lembar aku baca, beberapa dosen masuk, ada sekitar 5 atau 6. Salah satu dari beliau-beliau bawa setoples snack berbentuk stick coklat, bentuknya kayak astor gitulah. Liat ada yang bawa makanan ke PRD aku kaget. OMG! Ada dosen bawa makanan ke perpus (-________-") 
saya diam, terus saling berpandangan sama teteh Rifa. teteh Rifa cuma senyum, dan kita sama-sama kembali membaca.
Tapi rasa gemes saya sama beliau-beliau itu gak berhenti sampai di situ. Beliau-beliau, sambil makan si astor itu, ternyata juga ngobrol dengan suara stereo yang uuuh.. Bikin kuping terlena. Keras banget.
Gak ngerti, Tuhaaan... Ko bisa sih akademisi terhormat macam beliau-beliau melupakan begitu saja tata krama di perpustakaan yang didedikasikan fakultas yang keren ini untuk beliau-beliau, sebagai tempat baca, penambah referensi dll? Ko malah dipake ribut ngobrolin modem internet sama mahasiswa yang nyebelin di kelas?
<( ‾^)---o)˚з°)ː̖́.

Nah, gak lama setelah obrolan ngalor-ngidul mereka, ada selah seorang dari beliau yang nyeletuk:
"Ini teh PRD nya, naha seueur mahasiswa geuning?" (Ini PRD ya? Kenapa banyak mahasiswa, ternyata?)
Sambil memandang ke arah kami dengan tatapan judes, beliau yang nyeletuk itu melanjutkan makan astor sambil mainin hape-nya. 

Ampun deh. Ada ya orang kayak gitu.. Ckckckc.
Beberapa saat setelah beliau nyeletuk, rasa eneg mulai menjalari badan saya, fellows, rasanya kesel banget. Sekejap kemudian saya pergi, keluar buru-buru setelah mengambil tas dan balikin buku-buku yang baru saya sentuh 5 atau 6 lembar aja.

Ga ngerti. Kalau nih ya, yang diceletukin beliau yang satu itu adalah pertanyaan serius, dosen juga, menurut buku absen, jarang ada yang ke sana. Meski saya pernah melihat ada dosen, ya mereka rata-rata cuma ngobrol, baca koran, ngejaga perpusnya, gitulah. Satu-satunya dosen yang pernah saya lihat serius kesana cuma Pak Abdul Rozaq, dosen Qur'an dan tafsir saya dari semester 1 sampai sekarang. Beliau, saya dapati sedang di rak kitab-kitab tebal, sebuah rak yang tak pernah saya singgahi sekalipun (hehehe)
 (-____________-")

Sebuah rak di PRD yang ga pernah aku singgahi sekalipun
(____)

Yaaa.. Menurut saya setelah sekian kata yang saya tulis, akhirnya, dari pada bukunya dianggurin? Ya gak apalah kali ya, kalo mahasiswa ikut nimbrung cari referensi dari situ. Kan sayang juga bukunya, bisa berdebu tak dibaca. Lagi pula, selama perpustakaan UIN masih dalam masa renovasi, susah juga bagi mahasiswa untuk mengakses ruang perpus yang disajikan untuk mahasiswa. (Ooo.. Apologi. :P) Hihihi.

No comments: